Kamis, 21 Juni 2012

Pengertian Penelitian

Penelitian atau riset dewasa ini berarti pencarian teori, pengujian teori, atau pemecahan masalah. Artinya, masalah itu telah ada dan telah diketahui bahwa pemecahan masalah tersebut sangat diperlukan. Masalah tersebut bukanlah suatu masalah yang biasa, dalam arti pemecahannya bisa didapatkan langsung. Menurut Kerlinger (2002) mendefinisikan penelitian ilmiah sebagai "penelitian yang sistematis, terkontrol, empiris, dan penyelidikan kritis dari proporsi hipotesis tentang perkiraan hubungan antara gejala alam". definisi demikian telah banyak dianut oleh para ahli penelitian sehingga artikel ini mengangkat langsung definisi tersebut.

Penelitian disebut sistematis bila mengikuti langkah-langkah atau tahapan yang dimulai dengan mengidentifikasikan masalah, menghubungkan masalah tersebut dengan teori yang ada, mengumpulkan data, menganalisis dan menginterpretasi data, menarik kesimpulan, dan menggabungkan kesimpulan tersebut ke dalam jajaran khasanah pengetahuan. Penelitian ilmiah itu terkontrol, tidak seperti masalah yang mungkin dipecahkan hanya secara sepintas. Dalam penelitian ilmiah, setiap langkah demikian terencana sehingga khayalan dan dugaan tidak terdapat di dalamnya.
Masalahnya dijelaskan dengan cermat dan rinci, variabelnya diidentifikasi dan diseleksi, instrumennya diseleksi atau dikonstruksi secara cermat, lalu kesimpulan hanya dapat ditarik dari data yang diperoleh. Dengan demikian, rekomendasi yang dikemukakan didasarkan atas penemuan dan kesimpulan.

Secara umum, penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, eksperimental atau non eksperimental, interaktif dan non interaktif. Metode tersebut telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai uji coba sehingga telah memiliki prosedur yang baku. Metode penelitian adakalanya disebut pula "metodologi penelitian" (sebenarnya kurang tepat tetapi banyak digunakan) yang dalam makna lebih luas bisa berarti "desain" atau rancangan penelitian.
Rancangan ini berisi rumusan tentang obyek atau subyek yang akan diteliti, teknik-teknik pengumpulan data, prosedur pengumpulan dan analisis data berkenaan dengan fokus masalah tertentu.
Penelitian adalah upaya mengembangkan pengetahuan dengan mengembangkan dan menguji teori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar